Curuk Silawe

SDC10251Curuk silawe adalah salah satu obyek wisata air terjun yang berada didusun Kopeng Kulon Desa Setopati kabupaten Magelang. keberadaan curuk silawe memang belum banyak terdengar di telinga banyak orang, sekilas tulisan ini semoga menjadi salah satu media untuk sedikit lebih tau tentang keberadaan curk tersebut. Curuk silawe yang berada di perbukitan milih warga sekitar memang cukup unik dan menarik, curuk tersebut terdiri dari dua. SDC10173Yang pertama adalah yang sering disebut dengan curuk silawe karena air terjun tersebut tidak begitu besar dan tidak begitu kecil seakan-akan seperti seperti lawe ( Lawe itu sarang laba-laba , orang jawa menyebukan lawe ) maka lawe menjadi salah satu sebab dinamainya curuk tersebut, karena air terjunya tersebut seperti lawe. Curuk silawe yang berada di tebing bebatuan dengan ketingginaya kurang lebih 60 M. ( cukup tinggi baget ) dengan volume air tersebut yang tidak begitu besar menjadi khas sendiri keunikan air terjun tersebu. Selain wisata air terjun disekitar curuk silawe juga terdapat Goa, yang konon katanya tidak semua orang bisa melihat dan masuk dalam Goa tersebut. selain Goa warga juga sering mengadakan ritual disekitar air terjun tersebut sebelum bulan bulan puasa di mula, mereka dalam ritual tersebut juga membawa hasil panen milih warg, ritual tersebut juga menandakan rasa syukur kepada yang maha kuasa atas limpahan rezeki yang mereka terima dari hasil pertanian selama satu tahun.

Iklan

28 pemikiran pada “Curuk Silawe

  1. Saya pernah kesana tahun 1985 an, berada di Kopeng Kulon, Desa Sutopati Kec kalianggkrik Kab Magelang, lereng tenggara Gunung Sumbing.

  2. aku dulu tiap sebulan sekali sering ke curug silawe, tahun 1989 sampai 1997 aku dulu pernah pasang rambu2, dan penujuk jalan tapi sering ilang, saya dari RESIPALA tempuran magaelang dan daerah itu adalah udah kayak rumaku selain puncak puncak gunung dan hutan rimaba, salam rimaba buat pencita alam magelang jaga hutan yang tersisa selamatkan cucu kita dari efek pemanasan global

    1. kapan pulang kampung magelang
      kalau pulang tolong cek dulu arah jalan ke kepil setelah pasar dilereng sebelah kiri dulu ada bunga edeelwis /bunga abadi aku dulu ngecek terahir tahun 1999 masih ada
      tolong selamatkan dari tangan tangan yang jahil
      trim salam rimba

  3. bukan janji tapi bukti,,,bagi loe2 yang belum pernah kesana,,,,mungkin g percaya,,,bagi yang cewek kalo kesana boleh mampir ke tempatku,,yang cowok jangan,,,,,,hehehehe

    1. magelang, perdana, bandongan, beseran, kaliangkrik, ada pertigaan setelah pasar kaliangkrik ambil kanan arah setopati.

  4. gimana jalan menuju curug apa sudah mulus? mungkin habis lebaran saya pulang kampung sekalian mau nengok jejek2 saya masih ada nggak n tolong sebelum lebaran kumpulin temen2 yang peduli dengan curug silawe untuk bersih curug. kan biasanya ramai habis lebaran. sekalina ngamal, kan kalau ngamal bukan manusia kemanusia aja yang nggak bos.
    salam rimba

  5. o ya bos ada curug lagi bagus banget pas di lereng gunung sumbing lewat indrokilo terus keatas kalau gak salah di daerah bulu aku sering kesana dulu untuk pelantikan anggota baru RESIPALA coba di promosikan namanya juga curug silawe nama yang sama dengan yang di kopeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s